Kartolo Kabur

Nun dikala tahun 90 an ketika saya masih SD, ada hal yang menarik untuk saya ulas. Namanya Kartolo pekerjaan penjual mie pangsit keliling. Setiap harinya Kartolo mulai menjajakan mie pangsitnya selepas Maghrib. Rute biasanya ke arah timur dari rumahnya. Terus sampai batas desa kali kesek namanya.

Entah sudah berapa tahun Kartolo berjualan mie pangsit, yang jelas pelanggannya banyak termasuk saya sekeluarga.

Syahdan suatu malam yang naas selepas isya sekelompok pemuda kampung berkumpul dan menunggu kedatangan Kartolo. Beberapa menit kemudian muncullah Kartolo dengan gerobak dorongannya. Para pemuda berteriak ” lo lo pangsit 5 porsi nyemek nyemek”. Kontan Kartolo kegirangan merasa mendapat rejeki nomplok.

Wong namanya pemuda kampung status pengangguran tiba2 dapat ide cerdik. ” Lo lek Sampek pangsitmu arek2 Iki iso entek 5 mangkok sak arek iso gratis opo gak?”. ” Iso ” jawab Kartolo. ” Tapi lek gak iso ngentekno tak bayari ” kata salah satu pemuda.

Merasa tertantang Kartolo meladeni kemauan para pemuda tersebut. Nyatanya Kartolo jadi pemenang , soalnya yang dijadikan jago habis 5 mangkok sudah muntah-muntah saat porsi baru 2,5 mangkok.

Para pemuda gemetar , gertakan mereka buyar lantaran tak satupun membawa uang. Beruntung pejabat kampung datang dan menasehati para pemuda. Maka Kartolo puas dan para pemuda terselamatkan dan tidak jadi kabur lantaran ingin makan mie pangsit gratis.

Dari sini sebuah pelajaran terpetik bahwa sifat serakah dengan memperdaya orang lain adalah sebuah keburukan. Lebih-lebih Kartolo cuman seorang penjual mie pangsit untuk menafkahi anak dan istrinya.

Maka pulanglah para pemuda yang kelihatan sangar namun culun sebab telah menjadi pecundang. Bahwa aji mumpung itu mengandung syarat dan ketentuan yang berlaku, itu yang oleh para pemuda kampung tidak dipahami.

https://nationalgeographic.grid.id/read/132191118/mengapa-bohemian-rhapsody-menjadi-lagu-terbaik-yang-pernah-ditulis?page=all

https://nationalgeographic.grid.id/read/132191118/mengapa-bohemian-rhapsody-menjadi-lagu-terbaik-yang-pernah-ditulis?page=all

Diterbitkan oleh tangguhmultirole

aku bekerja sesuai dengan keinginan dan mencoba berdamai dengan alam.

%d blogger menyukai ini: